Teori IQ, EQ dan SQ dan AQ

“Saat memasuki ruangan kelas, Kembali waktu itu perhatian saya tertuju kepada Guru PD (Pengembangan Diri) yang saat itu sedang memberi penjelasan dan Pengajaran mengenai “IQ, EQ, dan SQ, AQ Nah, sekarang apakah anda tau apa yang kita miliki dalam diri ini ternyata tak jauh dari Keempat hal tersebut.

 

Manusia adalah makhluk yang paling cerdas, dan Tuhan, melengkapi manusia dengan komponen kecerdasan yang paling kompleks. Sejumlah temuan para ahli mengarah pada fakta bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan paling unggul dan akan menjadi unggul asalkan bisa menggunakan keunggulannya. Kemampuan menggunakan keunggulan ini dikatakan oleh William W Hewitt, pengarang buku The Mind Power, sebagai faktor yang membedakan antara orang jenius dan orang yang tidak jenius di bidangnya.

IQ (Intelectual Quotient) atau pengalaman, skill, pengetahuan, dan berbagai hal yang berhubungan dengan kecerdasan intelektual dan dapat meningkatkan derajat kita ke tempat yang lebih tinggi dari orang lain. Dengan begitu kesuksesan akan dapat lebih mudah dicapai. Apakah benar begitu?

Selanjutnya EQ (Emotional Quotient). Dengan kecerdasan emosional, kita justru akan lebih mendalami kecerdasan intelektual kita dalam berbuat dan berperilaku. Karena hanya dengan IQ saja, tentu sangat mustahil orang bisa meraih kesuksesan.

Beberapa pakar kecerdasan telah menemukan tiga tingkatan alam dalam otak manusia, yaitu alam sadar (IQ), alam pra sadar (EQ), dan sebuah unsur terdalam otak manusia yang disebut GOD SPOT, sebuah titik terang yang berada di alam bawah sadar manusia. Hal itulah yang ternyata dapat meningkatkan potensi kecerdasan spiritual atau SQ (Spiritual Quotient) kita.

Pengukuran kecerdasan adversitas yang dinyatakan dengan AQ (Adversity Quotient) yaitu nilai yang diperoleh dengan pembagian tertentu.

IQ, EQ, dan SQ, AQ bisa digunakan dalam mengambil keputusan tentang hidup kita. Seperti yang kita alami setiap hari, keputusan yang kita buat, berasal dari proses :

1. merumuskan keputusan,

2. menjalankan keputusan atau eksekusi,

3. menyikapi hasil pelaksanaan keputusan.

About these ads

10 Tanggapan

  1. aku berkunjung kembali Bri,, dapat postingan & dapat penetahuan baru nich,kunjung balik Brid,,

  2. heeeeemm saya juga pernah dijelaskan tentang IQ, EQ, dan SQ, AQ pas lagi klas X5

  3. IQ adalah saya…. :D heehehehhe
    sibb, lanjutkan bri

  4. berarti harus seimbang di antara ketiganya ya…

  5. pastinya…
    hey, joe… trims telah berkunjung!’

  6. supaya IQ nya bagus.. ibu yang hamil harus banyak minum susu khusus :) kunjungan balik

  7. emhh..apa yach,, masih bingung saya baca,,,,yach ntar saya baca ulang lagi,,,,,,nich pengetahuan yang belom pernah saya baca,,,makanya gine agak ertyy,,,ada juga yang gak,,,hehe ???

  8. salam ziarah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • BARNNER

  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

    %d blogger menyukai ini: