TERINSPIRASI DARI MASA SIAGA dalam Menerapkan “BUKU AJAIB”

TERINSPIRASI DARI MASA SIAGA

Sebagai Anak Pramuka, saya berkesempatan untuk menuangkan Pengetahuan yang telah di terima dengan menerapkannya di lingkungan masyarakat terlebih secara khusus kepada anak – anak Pramuka Siaga. Tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan untuk melatih anak-anak Siaga yakni anak-anak SD karena sifat dan kelakuan anak-anak yang masih tergolong manja.

Dari sifat kekanak- kanakannya itu yang membuat saya tertarik untuk bergabung diantara mereka dengan tujuan mejadikan sifat/ kelakuan anak-anak dapat berubah dan mampu berfikir secara tidak langsung tentang diri mereka sendiri terhadap lingkungan dan masyarakat.

Untuk itu Berbagai upaya dan kerja perlu dilakukan dengan upaya melaksanakan tujuan utama bagi anak-anak.

Perinsif yang digunakan dalam pelatihan jelas sangat jauh berbeda dengan Perinsif- perinsif  kepramukaan tingkat Penegak dan Penggalang. Perinsif yang digunakan untuk Pramuka Siaga, yang secara khsus saya terapkan bagi SISWA SDN JANAH HARAPAN antara lain :

  1. Kesukarelaan
  2. Kode Kehormatan
  3. Sistem Beregu
  4. Kegiatan Menarik
  5. Penyesuaian dengan Perkembangan Jasmani dan Rohani
  6. Kegiatan itu mendidik dan menarik bagi anak
  7. Tidak ada saling bermusuhan
  8. Materi Dasar
  9. Belajar sambil mengajar
  10. Belajar sambil melakukan
  11. Bermain Peran (main Permainan)

BUKU AJAIB

Didalam kePramukaan diperlukan faktor-faktor Pendukung pula untuk membangkitkan semangat dan kinerja yang baik bagi anak-anak. Maka saya membuat suatu BUKU yang berisikan berbagai materi dan aturan-aturan dan sangsi-sangsi serta catatan kegiatan dan Daftar Siswa yang aktif didalam menjawab dan bertannya ataupun siswa yang tidak aktif untuk mengetahui mengpa dan apa sebabnya? Sehingga kita dapat mengetahui seberapa pandai siswa dalam menanggapi kegiatan Pramuka.

Nama Buku ini  sengaja dipilih nama “AJAIB” untuk menarik perhatian siswa agar dapat menerima dan menaati Peraturan yang tercantum didalm Buku tersebut.

Buku Ajaib, dari pemantauan saya di beberapa Sekolah yang telah saya singgahi ternyata Sangat berperan setelah diberitahukan Apa itu Buku Ajaib? Dan untuk Apa itu? Ternyata sedikit demi sedikit siswa dapat mengerti dan mengurangi sifat yang tidak baik. sebagai contoh : Salah satu Sekolah telah diberitahukan mengenai BUKU AJAIB situasi Kegiatannya terlihat tertata dan terasa nyaman. Dibandingkan dengan Sekolah yang belum diberitahukan mengenai BUKU tersebut masih kurang kondusif ada yang bicara kesana kemari ada yang bermain dan ada juga yang memperhatikan

Buku tersebut lebih menonjolkan kepada Peraturan dan Pengetahuan tentang PRAMUKA yang Sejati.

Nah, Menurut saya Pembuatan BUKU seperti ini sangat bermanfaat bagi saya terlebih didalam meningkatkan kualitas Siswa. Akan tetapi tetap suatu kesuksesan itu muncul dari Kemapuan kita untuk Mendidik dan Melatih anak-anak menjadi yang lebih baik. dan perlu adanya persiapan Pelatih serta perencanaan yang matang dan Pemberitahuan mengenai Aturan-aturan Kepramukaan. Sehingga siswa lebih cenderung mengetahui Kepramukaan itu bagaimana dan menarik tidak?

 

Berikut adalah kegiatan – kegiatan yang dilakukan dalam KePramukaan :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • BARNNER

  • %d blogger menyukai ini: