Eratnya Seni Budaya

Seni adalah sebagian dari hidup, dan seni adalah hidup itu sendir, Seni adalah gaya, Seni adalah Ciri, dan Seni adalah sesuatu yang indah. demikian Penalaranku tentang Seni’

Semenjak, Dulu hidupku tergantung pada seni, seni membuat ku bahagia, seni membuatku tersenyum dan tertawa. Seni yakni dunia ku. baik dari macam-macam jenisnya :

  • Seni Tari
  • Seni Suara
  • Seni Teatorik
  • Seni Bela Diri
  • Seni Lukis/Gambar
  • Seni Pahat

Hingga Pada Seni yang dialokasikan sebagai SENI BUDAYA

Seni Budaya yakni serapan dari dua kata yang mengandung arti Seni = Jiwa, karya, sesuatu yang indah, menarik. Budaya = adat, kebiasaan, aturan setempat.

Seni budaya sering sekali menjadi acuan didalam mengembangkan potensi Seni itu sendiri, dimana keberadaan Seni yang ada Menambah Kentalnya Budaya yang dimiliki disuatu tempat. hingga Menjadikan Seni karya dari tempat tersebut menjadi Budaya yang dikenal oleh orang banyak.

“Usaha, dari Pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan dan mempertahankan budaya yang bernilai seni tersebut hingga kini dapat terlaksana dengan baik, diantaranya melalui “badan-badan pengelolaan Dinas Budaya Dan Pariwisata daerah setempat yang menghimpun dan mengelola Sanggar-sanggar Seni.

“Menyalurkan Seni memalui Hobby”

Hobby ku adalah Seni, entah kenpa semenjak dahulu hingga sekarang aku suka terhadap Seni Tari, Musik, dan Gambar. Karna bagiku Seni itu memiliki nilai yang mampu menyemangatkan diri. “Sebagai salah satu dari pembinaan sanggar tari, saya mendapat kesempatan beberapa kali tampil dan membawakan Tarian-tarian tradisional budaya setempat, menjadi Penari dilihat mudah, tetapi ternyata “Menjadi seorang Penari handal, harus mampu membaca dan mengenal artistic dari Apa yang ditarikan serta mengenal Budaya tarian tersebut, seperti bagaimana sikapnya, cara berkomunikasi, hingga harus tau materi yang ada dalam alur ceritanya, agar suasana yang tercipta menjadi nyata dan real.

Berikut pengalamnku saat  Membawakan Tarian dari Kal-Teng, (Hutan Rimba Tropis) yang berjudul Nganup :

<object width=”320″ height=”240″ ><param name=”allowfullscreen” value=”true” /><param name=”movie” value=”http://www.facebook.com/v/208342042520103&#8243; />http://www.facebook.com/v/208342042520103</object>

[Klik link diatas yang berwarna biru]

Nganup” merupakan sebuah tarian Daerah pedalaman yang mengisahkan tentang kebiasaan dan tradisi suku dayak zaman dulu,,,, sebuah tradisi yang telah menjadi tanggung jawab suku dayak putra, pergi ke hutan rimba menyusuri hutan dan mencari hewan-hewan liar yang kemudian dibunuh dan dijadikan sebagai makanan bagi anak, kelompok, dan suku mereka…. kegiatan ini lah yang dikenal dengan “NGANUP” yang berarti Berburu………… Dan tugas suku dayak putri adalah sebagai penyemangat dayak putra serta meramu’ hingga, akhirnya para lelaki datang dengan menggotong hewan hasil buruan alhasil dayak puteri menyambut kedatangan mereka.. dengan semangat dan atas kuasa Sang Pencipta mereka berhasil memperoleh mangsa untuk memenuhi kebutuhan anak, cucu, dan keluarga mereka.

“TRADITIONAL DANCE” GABUNGAN SANGGAR “ERAI PAKAT” DAN “KARAU JANANG” AMPAH Kec. Dusun Tengah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • BARNNER

  • %d blogger menyukai ini: