ANAK BARITO (SANG JUARA)

“Semakin Cinta akan Budaya Setempat”

Festival Pelangi Nusantara akhirnya ditutup pada hari Selasa (21/06) malam, Festival yang telah dimulai pada saat pembukaan Penas KTNA XIII ini mengadakan Festival Gerak Nusantara, Festival Gita Nusantara, dan Festival Busana Nusantara yaitu kreasi budaya (kesenian daerah), melalui ekspresi gerak tari dan lagu dari 33 provinsi di Indonesia,bertempat Di Lapangan Pacuan Kuda Komplek GOR Aji Imbut, Tenggarong. Festival ini bertujuan untuk menjalin rasa persatuan dan kesatuan melalui budaya luhur bangsa meningkatkan apresiasi peserta maupun masyarakat tentang berbagai macam seni budaya yang ada di Indonesia sekaligus memeriahkan acara Penas KTNA XIII.

Suatu kebanggan yang luar biasa bagi  Bri seorang anak Barito yang berasal dari desa di dusun Kalimantan Tengah dapat menjadi perwakilan daerah untuk mengikuti ajang bergensi Nusantara ini… “Semangat ceria terpancar kerap kali, pria barito ini mengikuti latihan di sanggar tari ERAI PAKAT Ampah yang berkerja sama dengan Sanggar tari KARAU JANANG Ampah, Gerakan kaki, tangan dan tubuh yang enerjik berkali-kali dilakukan ya, meski harus berulang-ulang dilakukan guna menyamakan gerak tari sesuai dengan Pola tarian”.

Awalnya, sebelum Mengikuti kegiatan Festival Nusantara pria barito ini mengikuti kegiatan FESTIVAL BUDAYA JAJAKA (Jari Janang Kalalawah) yang diadakan setiap tahunnya oleh Pemerintah setempat, “Semangat yang membara terpancar dan terukir khas dari Ragam gerak tarian andalan “NGANUP” (berburu). Namun, sentak Semangat yang Membara kian redup ketika tahu akan hasil perlombaan… Tarian anak barito ini meraih Juara.II, meski Juara tetap terasa jauh dari apa yang diharapkan..
Seminggu berlalu, sentak rasa kecewa dari dalam  diri  terasa masih tersisa, tertinggal.. tiba-tiba handphone anak barito berdering “Hey, Iby… Kamu siap berlayar!”. Kata.Pembina Sanggar ,  “Mboh, ka kueh nah, ela macam-macam nah”. Sahut anak barito. Anak barito mendapat kabar bahwa dia dan teman-temannya tertunjuk menjadi team TARI TRADISIONAL BALANGA yang mewakili Provinsi KALIMANTAN TENGAH mengikuti ajang bergensi FESTIVAL TARI PELANGI NUSANTARA dalam rangkaian acara KTNA XIII KUTAI KARTANEGARA. Suatu kesempatan yang tak pernah diduga sebelumnya, kali ini PALANGKARAYA diwakilkan oleh sebuah Kab. BARITO TIMUR.

Perjalanan panjang telah anak barito ini lewati, hingga akhirnya Pada malam penutupan Festival Pelangi Nusantara di umum kan seluruh pemenang Lomba.
I Made selaku ketua juri Festival Gerak Nusantara mengumumkan 10 Pemenang lomba tari yang di ikuti oleh 22 Peserta,
“Kami Dewan juri dan tim penilai tari Nusantara merasa bingung harus menentukan siapa pemenang karena merasa bingung dan suprise dengan penampilan para peserta” Ucap Made

10 Besar Lomba adalah Kalimantan Tengah , Sumatra Utara, Maluku Utara Kalimtan timur Jabar Papua Barat Sulawesi Tenggara, Riau, dan Sumatra Selatan.

 

LONCATAN RIA dan TANGIS SENDU tersirat diwajah anak barito ini, Kesempatan yang tidak sia-sia Team anak barito meraih Juara. I dalam Penas (Pekan Nasional_ Pelangi Nusantara). Dengan berlutut anak barito berdoa dan bersyukur atas Anugerah Yang Mahaesa.

6 Tanggapan

  1. selamat buat para pemenang, yang belum menang tetap semangat

  2. tulisan ini akanmenjadi prasasti bahwa barito berprestasi
    kalau tidak kau tulis siapa yang tahu potensi barito timur?
    TAG kau bikin yang banyak

  3. selamat buat pemuda bartim itu, karena kemenangan sejati bukan dari menangnya tapi dari kebanggaan yang didapatnya

  4. wah, menang!!! 🙂

  5. Mas Bri, minta literatur tariannya dong, he…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • BARNNER

  • %d blogger menyukai ini: