JANGAN ANGGAP PENDIDIKAN DAN PRESTASI HANYA DARI PEMBELAJARAN DI RUANG KELAS

This My Artikel. I thought there was no problem with anyone else, because this is my inspiration and my opinions.

Pendidikan sebuah kata yang sering sekali dikaitkan dengan rutinitas pembelajaran, dimana dengan adanya didikan yang baik maka akan menumbuhkan suatu pencapaian atas hasil dari didikan itu sendiri yang lazim dikenal dengan Prestasi, Prestasi merupakan suatu hasil dari sebuah Usaha yang perlu terus diukir dan ditingkatkan. Program Pemerintah tentang wajib belajar 9th merupakan suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan tiada lain adalah prestasi Negeri ini. Tak hanya berhenti di 9th kini jejang pendidikan tingkat SMA Negeri dan Swastapun serta SMK mernerapkan kewajiban untuk mencerdaskan Generasi Penerus Negeri.

Saya briyudistira yang merupakan seorang Putra Barito tepatnya seorang siswa kelas XI. IPA 2 di SMAN 1 Dusun Tengah, Kec. Dusun Tengah, Kab. Barito Timur, Ampah Kota jelas harus dan sudah tentu menghadapi yang namanya dunia pendidikan, dimana perlu belajar, perlu mendalami, perlu didikan, perlu acuan, perlu motivator bahkan perlu segalanya untuk mencapai mimpi dan harapan saya. Selama + 12 th menjalani proses pendidikan baik dari TK, SD, SMP hingga SMA banyak ilmu serta pencapaian-pencapaian yang didapat serta metode-metode yang membawa saya berfikir dan menjadi pribadi yang berpendidikan.

Sebagai seorang siswa saya kadang kala mau tidak mau harus wajib belajar dan belajar karena itu memang sudah tugasnya tetapi dalam prosesnya Pendidikan yang diberikan di Sekolah sesungguhnya tidak hanya terpaku pada Kegiatan Belajar pada saat bertatap muka di Ruang Kelas saja, banyak yang mengira Pendidikan itu adalah proses yang didapat dari kegiatan belajar dan mengajar disekolah saja. “Apakah disekolah saja kita mendapat pendidikan?”. sesungguhnya PENDIDIKAN ITU KITA PROLEH DIMANA SAJA dan KAPAN SAJA.

Saya mengakui bahwa Pendidikan yang saya terima hingga saat ini dan secara khusus di SMAN 1 Dusun Tengah ini sangatlah Luar biasa. Selain sebagai siswa yang tugasnya belajar serta Sekretaris Kelas. Puji Tuhan saya dipercayai sebagai Pengurus Osis, Pemimpin Redaksi WMS (Wall Magazine Of Student) dan Ketua (Pradana) Ambalan R. Soesilo GUDEP.01-02 di SMAN 1 Dusun Tengah. Mungkin banyak orang yang tidak sanggup dan tidak menghiraukan serta menganggap Organisasi-organisasi tersebut tidak penting dalam dunia Pendidikan. ITU SALAH!!  Sesungguhnya Pengalaman, Pendidikan serta Prestasi jauh lebih banyak saya peroleh diluar kegiatan Pembelajaran didalam kelas.

Yang Masih saya Ragukan di Sekolah tercinta ini, “Mengapa singkronisasi antar siswa dan dewan guru masih mintus?” entah dikarenakan buruknya kinerja Organisasi Siswa Intra Sekolah serta komunitas yang ada, atau karena kurangnya pemanfaatan.

Kedua, “Mengapa siswa SMAN 1 Dusun Tengah tidak pernah merasa Puas?”. Tidak pernah Puas dengan segalanya, entah karena siswanya yang bandel, kurangnya fasilitas sekolah, Pembangunan Sekolah ataukah kurang puas dengan pembelajaran yang diberikan??

Ketiga, “Fasilitas Multimedia sudah tersedia, Web sudah ada, Jejaring sosial sendiripun hadir menyapa namun kurang digunakan, Mengapa?”. Perlu dipertanyakan, Kemanakah Minat dan Semangat siswa apakah telah mati tersiram air panas yang tumpah dari dalam wadahnya akibat tidak dijaga dan di olah sedemikian rupa oleh Komunitasnya. Apa kesalahan terdapat pada Pengurusnya? Sesungguhnya, jika fasilitas yang ada mampu dimanfaatkan oleh siswa maupun guru dengan baik, maka harapan saya, dan saya pasti yakin relasi antar Sekolah baik siswa dan gurunya akan terhubung :

Selanjutnya, “Prestasi siswa jangan hanya dilihat dari segi akedemiknya, hanya hasil dari kegiatan pembelajaran didalam kelas!”. Penentuan prestasi tidak harus dilihat hanya dari segi pembelajarannya saja melainkan. Pertasi-prestasi yang diukir dari setiap bidang nonakademik baik olahraga, kesenian, ataupun ekstrakurikler lainnya serta pengurus osis layak diberikan penghargaan yang sebesar-besarnya. Tidak hanya sebatas penghargaan bergitu saja untuk menjadikan teknik dan pola gerak yang baik maka pada setiap bidang layak sudah diberikan satu Pelatih untuk memberi suatu pembinaan karena perlu adanya didikan secara khusus bukan sekedar bermain seperti itu saja. Sederhana namun berarti.

Kelima, “Pembentukan Karakter Siswa, Pramuka (Ambalan Raden Soesilo) dan  PSHT (PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE) masih perlu perhatian dari Sekolah?” Sudah tentu dukungan dari sekolah mesti ditingkatkan lagi. Karena Pramuka dan PSHT merupakan salah satu wadah yang tapat untuk membentuk kedisiplinan dan karakter siswa.

Keenam, “MAMPUKAH SMAN 1 Dusun Tengah mengadakan PERTUKARAN PELAJAR atau Mampu tidak SISWAnya?”

Tak ada salahnya berharap!!

Prestasi yang gemilang didapat dari Pendidikan dan Usaha yang Keras dan dalam Proses meningkat dan terus berkembang.

 

Saya yakin SMA Negeri 1 Dusun Tengah mampu menjadi SMA Favorite secara khusus di daerah bartim. Siswa juga harus pro aktif untuk belajar, belajar dan berkarya tunjukan apa yang telah kamu terima dan unjukan apa yang kamu bisa. Belajar bukan hanya didapat dari posisi mendengar dan duduk dikelas namun belajar bisa dimana saja. Belajar dari pengalaman, belajar dari teori, belajar dari logika dan BELAJAR UNTUK MENGAKUI BAHWA DIRI KITA ADALAH HEBAT.

              Dengan mengikuti kegiatan Lomba Menulis Ide ini, harapan saya kiranya tulisan saya dapat menjadi bahan referensi rekan-rekan, sahabat, bapak/ibu guru serta siapapun yang berkenan membacanya. Baiklah demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya.

“Bagi Allah, tak ada yang mustahil dia akan buka jalan”. Amin

9 Tanggapan

  1. beberapa teks perlu diberi link(anchor text) misal website, jejaring sosial, lnk ke foto kegiatan…
    ketika Bri merasa kegiatan bagus, Bri minimal bisa mengajak komunitas Bri, sebelum ke semua siswa yang lain, promosi ke siswa masih kurang
    mana desain bannernya?

  2. I agree with U🙂

  3. —> Sebagai Siswa Di SMA N 1 Dusun Tengah, SAYA DUKUNG …😀

  4. Selamat atas memiliki salah satu blog yang paling canggih Saya telah datang di dalam beberapa waktu! Its hanya luar biasa seberapa banyak Anda dapat mengambil dari sesuatu hanya karena bagaimana visual yang indah itu. Youve mengumpulkan grafis ruang blog yang hebat, video, tata letak. Ini jelas merupakan suatu blog harus-lihat!

  5. Itu beberapa hal menarik di sana. Terima kasih untuk posting itu.

  6. Nah, yang pertama saya cek ke blog Anda! Kami adalah sekelompok relawan dan memulai sebuah inisiatif baru dalam sebuah komunitas regional di relung yang sama persis. Blog Anda kepada kami informasi berharga untuk bekerja pada. Anda telah melakukan tugas yang luar biasa!

  7. […] yang mempersatukan suku Maanyan antara 1309–1389. Dengan kata lain NANSARUN […]JANGAN ANGGAP PENDIDIKAN DAN PRESTASI HANYA DARI PEMBELAJARAN DI RUANG KELAS 20 April 2012This My Artikel. I thought there was no problem with anyone else, because this […]

  8. […] ini, kembali saya ambil bagian didalamnya sebuah tulisan Artikel yang saya buat dengan Judul “Jangan Anggap Pendidikan dan Prestasi Hanya dari Pembelajaran di ruang kelas”   dengan harapan semoga dapat menjadi bahan referensi dan ajakan yang baik bagi Siswa dan Dewan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • BARNNER

  • %d blogger menyukai ini: